Jumlah Pendaftar PPDB 2019
Akhiri Pendaftaran PPDB, Total Pendaftar Tahun 2019 Sebanyak 287.563
24 Juni 2019, 10:50 WIB
BANDUNG, DISDIK JABAR - Pendaftaran hari terakhir Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Barat (Jabar) 2019 pada Sabtu (22/6/2019) mencapai 287.563 pendaftar yang terdata dalam web resmi ppdb.disdik.jabarprov.go.id. Pendaftaran yang telah berlangsung selama sepekan ini, dilaksanakan oleh semua sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan sekolah luar biasa (SLB) di seluruh Jabar, dimulai dari pelayanan informasi yang disediakan oleh tiap sekolah, pendaftaran hingga verifikasi data.
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika mengatakan, sejak awal digelarnya PPDB, pihaknya menerima laporan dari setiap sekolah mengenai pelaksanaan PPDB, kemudian langsung diadakan rapat evaluasi. “Sekolah harus mengoptimalkan pelayanan kepada calon peserta didik dan orang tua, baik dari segi fasilitas maupun pelayanan serta memberi kenyamanan kepada para pendaftar," tegasnya.
Dibandingkan tahun-tahun kemarin, lanjut Kadisdik, jumlah pendaftar yang meningkat di hari pertama membuat setiap sekolah harus bekerja ekstra pada awal pekan. Namun pada hari terakhir, jumlah pendaftar berkurang dan dapat dikontrol.
Sementara itu, Tim Teknis PPDB 2019, Edy Purwanto menegaskan bahwa server PPDB kembali berjalan optimal. Meski sempat down beberapa menit saat hari pertama pendaftaran, namun permasalahan tersebut kini telah diselesaikan dengan cepat. "Ini terjadi karena antusiasme masyarakat terhadap PPDB begitu tinggi. Saat ini, tim kita sedang mengoptimalkan kinerja sistem agar dapat melayani dengan optimal," ucapnya.
Edy mengatakan, permasalahan server telah menjadi bahan evaluasi agar tidak lagi terjadi di pendaftaran selanjutnya. Ini dibuktikan dengan tidak ada permasalah pada pendaftaran di hari kedua. Edy pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran pelaksanaan PPDB
Sementara itu, pihak sekolah sudah berusaha optimal memberikan pelayanan terbaik kepada para pendaftar. Seperti SMAN 8 Bandung, SMAN 6 Bandung, SMAN 4 Bandung, dan SMAN 1 Bandung yang bisa menjadi contoh.
Ketua Pelaksana SMAN 4 Bandung, Rd. Rina Patriani mengatakan, antusiasme para pendaftar menjadi perhatian utama pihak sekolah. Di antaranya, pihak sekolah menyediakan layanan pusat informasi dan pengaduan bagi orang tua yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut atau melaporkan keluhan mereka. “Kita mencoba membuat alur yang sederhana,” tutupnya
Komentar
Posting Komentar